
Kuningan, UPMKNews -- Sekolah bagi Anak Usia Dini atau yang sering kita dengar di kalangan masyarakat umum yaitu TK atau PAUD adalah jenjang pendidikan yang paling dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohaninya.
Penilaian atau asesmen hasil kegiatan belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses dan kemajuan belajar anak secara berkesinambungan. Berdasarkan penilaian tersebut, pendidik dan orang tua anak dapat memperoleh informasi tentang capaian perkembangan untuk menggambarkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki anak setelah melakukan kegiatan belajar. Pengukuran ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan perilaku dan karya yang dibuat anak. Pengamatan yang dilakukan harus bersifat autentik, yaitu sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Penilaian atau asesmen hasil kegiatan belajar anak harus terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.
Indonesia memiliki kurang lebih 34 ribu sekolah tingkat PAUD. Namun tidak sedikit pendidikan anak usia dini yang kurang mengetahui pentingnya asesmen pada aspek perkembangan anak. Asesmen aspek perkembangan inilah menjadi tolak ukur kemampuan ataupun bakat anak, yang akan berguna hingga dewasa. Selain itu, banyak pula yang menyepelekan asesmen anak usia dini dengan berbagai alasan.
Silva
PGPAUD semester 6
Editor: Deliya